Hati-hati dengan Penipuan BPJS Online!

Related Articles

Awal Juni lalu, saya mendengar kabar tidak mengenakkan dari instansi yang seharusnya terjamin keamanan datanya. Saya yakin hampir dari semua pembaca mengetahuinya. Yaitu kabar mengenai bocornya data BPJS. Saya langsung was-was. Saya adalah pengguna setia BPJS. Kali ini saya yakin bahwa saya tidak akan luput dari kemungkinan saya menjadi target sasaran penipuan BPJS Online!

Data BPJS Bocor Online

Siapa yang menyangka kalau ada 279 juta data pengguna BPJS bocor? Dan itu dijual di sebuah forum! Lebih mengesalkannya lagi, data yang bocor juga meliputi NIK, alamat, nomor telepon, email, dan juga jumlah gaji!

Lucunya, jumlah data yang bocor bisa dikatakan hampir mencapai 100% dari jumlah penduduk Indonesia. Dengan asumsi terdapat pertumbuhan penduduk berdasarkan data sensus terbaru. Karena data terakhir pada tahun 2019 jumlah penduduk Indonesia hanya 270,6 juta.

Harus aware soal potensi penipuan BPJS Online

Di masa pandemi ini, BPJS juga melakukan upaya untuk membantu penduduk Indonesia. Contohnya adalah BSU (Bantuan Subsidi Upah) atau juga orang-orang biasa menyebutnya sebagai BLT BPJS.

Anda harus benar-benar waspada jika mendapatkan SMS yang mengklaim dari BPJS. Padahal menggunakan nomor yang tidak resmi. Bahkan tidak ada identitasnya sama sekali.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak bagaimana contoh SMS penipuan BPJS Online, Anda bisa menyimak video di bawah ini:

Menghindari Penipuan mengatasnamakan BPJS Sebenarnya Cukup Mudah

Benar-benar mudah. Anda cukup mengetahui saja, jika Anda mendapatkan SMS dari nomor tak dikenal. Tidak muncul nama resmi “BPJS” langsung di smartphone Anda. Maka anda sudah jelas mendapatkan SMS dari nomor penipu.

Di sisi lain, anda juga harus tahu website-website BPJS mana saja yang merupakan website resmi BPJS. Biar saya bantu memberikan daftar situs resmi BPJS:

  1. BPJS Kesehatan: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/
  2. BPJS Ketenagakerjaan: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  3. BPJSTKU: https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  4. Layanan tanpa kontak fisik (Lapak Asik BPJS): https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Pada dasarnya, situs-situs resmi BPJS akan memiliki domain dengan akhiran “.go.id”. Jika anda mendapatkan SMS atau chat yang mengatas-namakan BPJS, tapi link yang dikirimkan merupakan link pendek dengan awalan “bit.ly” atau domain berakhiran “.com” atau “.blogspot.com” maka sudah dapat dipastikan jika itu adalah situs penipuan.

Ingat hanya akhiran “.go.id” ya!

Semoga anda sekalian dapat selalu berhati-hati jika menerima SMS atau chat penawaran di masa seperti ini. Sehat selalu!

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + twenty =

Advertisment

Popular stories