5 Objek Wisata yang Harus Dikunjungi di Banda Aceh

Related Articles

Banda Aceh merupakan kota madya Ibu Kota Provinsi Aceh, provinsi paling utaran di Pulau Sumatera. Kota yang mendapat julukan ‘Serambi Mekkah’ ini mempunyai banyak objek wisata memukau. Meski dengan julukan tersebut, wisata di Banda Aceh bukan hanya sekedar wisata religi.

Sebagai kota yang berada di ujung pulau, pasti mempunyai banyak destinasi wisata Pantai yang indah. Namun tiak hanya itu, berikut objek wisata di Banda Aceh yang wajib kalian kunjungi.

Wisata Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Mesueum ini merupakan sebuah pengingat akan gempa dan tsunami besar Samudra Hindia pada 2004.

Museum yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini berisi galeri, pertunjukan, dan banyak acara lian yang akan menemani kunjungan kalian. Di museum ini juga terdapat jejak nama-nama korban dalam kejadian tsunami 2004 silam.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ✨ (@nailestari)

Benteng Indra Patra Kerajaan Lamuri Aceh

Peninggalan bersejarah dengan usia berabad-abad tahun lalu ini merupakan benteng peninggaan Hindu Budha. Benteng ini merupakan tempat bersejarah yang perkiraan sudah dibangun sejak abad 7 masehi. Bangunan keagamaan ini menduduki Banda Aceh sebelum peradaban Islam sampai di sini.

Benteng bersejarah ini merupakan peninggalan kerajaan Lamuri. Kalian dapat menemukan sumur di dalamnya yang dulunya menjadi tempat suci ritual keagamaan. Selain itu, terdapat kubah yang sangat tinggi di bagian tengah.

Wisata Ujung Kelindu di Banda Aceh

Ujung Kelindu merupakan sebuah tebing yang menyajikan pemandangan pantai dengan air yang jernih dan biru. Tebing ini terletak di Desa Lamreh, Aceh Besar.

Tebing ini terletak satu kawasan dengan Pantai Lhok Mee. Jadi, kalian bisa menenuju 2 destinasi dengan hanya satu tujuan. Untuk mengakses tebing ini kalian memerlukan waktu selama 1 jam dari pusat kota.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pesona Aceh Besar (@pesona_acehbesar)

Mengunjungi Rumah Aceh atau Museum Aceh

Wisata kali ini adalah museum bersejarah di Banda Aceh. Museum yang sudah berdiri sejak 1915 ini mengandung banyak nilai filosofis dalam islam. Dalam museum ini kalian dapat menemukan banyak benda-benda bersejarah dan artefak lainnya.

Dalam sejarahnya, Sultan Pasai Kaisar Cina Dinasti Ming pernah memberikan sebuah lonceng yang usianya sudah lebih dari 1.400 tahun. Lonceng ini bernama Lonceng Donya. Sultan Pasai memberikan lonceng ini pada abad ke-15 saat perjalanan muhibah Laksamana Muhammad Cheng Ho.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Fitri Andasari (@phiidut)

Wisata bersejarah Kapal Apung Lampulo

Kapal yang yang menjadi saksi bisu Tsunami Aceh pada 2004 silam memiliki berat 65 ton. Kapal Apung Lampulo, Kapal ini terdampar di rumah warga setelah tsunami tersebut menyeretnya. Namun kapal ini berhasil menyelamatkan 59 nyawa pada tragedi itu.

Saat ini Kapal Apung Lampulo menjadi monumen dan tempat wisata bersejarah di Banda Aceh. Oleh karena itu, kalian wajib mengunjngi monumen ini saat kalian berkunjung di Aceh.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @rizkayptr

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @rizkayptr

Jika kalian berkunjung ke Aceh, kalian juga bisa mengunjungi beberapa lokasi lain. Lokasi ini dapat kalian baca pada rekomendasi di sini. Itulah sederet rekomendasi wisata di Banda Aceh yang wajib kalian kunjungi. Selamat berkunjung!

More on this topic

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!

Advertisment

Popular stories