Berkunjung ke Museum Bank Mandiri

Related Articles

Hai-hai semua! sambil menunggu waktu ngabuburit sore atau buka bersama dengan keluarga, saya ada topik menarik loh seputar Museum Bank Mandiri. Menarik bukan untuk kita bahas, yuk simak bersama!

Melihat Uang di Museum Bank Mandiri

Saya sudah membuat video yang berdurasi 30 detik mengenai Museum Bank Mandiri. Yuk dilihat sampai habis, setelah itu kamu bisa lanjut membaca artikel ini! 

Sudah? Jika sudah ayo lanjut pada pembahasan berikut

Koleksi di Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri, siapa yang pertama kali mendengar museum ini? Ya, museum Bank Mandiri terletak di bagian barat Jakarta tepatnya di jalan Lapangan Stasiun No. 1. Kira-kira koleksi apa saja ya yang ada di museum ini?

  • Loket Teller

Loket teller memiliki panjang 122 m, selain itu terdapat meja dan kursi serta beberapa manekin yang menciptakan suasana kerja tempo dulu. Terdapat pula papan petunjuk. 

  • Ruang Kasir China

Ruang kasir China terletak di tiga tingkat, dimana ruangan ini dibuat karena pada masa itu banyak orang China yang memiliki usaha perkebunan sehingga pihak bank memerlukan adanya kasir khusus untuk melayani nasabah China. 

  • Foto-Foto 

Foto-foto yang ada di museum ini merupakan tokoh-tokoh penting di dunia perbankan Indonesia, salah satunya Agus Martowardojo yang merupakan Direktur Utama Bank Exim pada tahun 1998 dan Direktur Utama Bank Mandiri 2005-2010.

  • Ruang Kluis Utama 

Ruang kluis terletak di bawah lantai dasar yang memiliki tiga ruang yaitu ruang surat berharga, ruang penyimpanan uang, dan ruang safe deposit box berkapasitas 2000 loker yang disewakan kepada nasabah, yang ditutup dengan pintu baja besar seberat lima ton.

  • Prasasti KCJ Van Aalst

Prasasti ini pemberian dari Karel CJ Van Aalst pada tahun 1866 – 1939 yaitu presiden direktur kesepuluh NHM Batavia. Prasasti ini terbuat dari kaca patri yang melukiskan dua bagian. Di bawah lukisan terdapat makna empat musim di Eropa dan lukisan alam Indonesia. 

Bagian atas menggambarkan Cornelis de Houtman yang dikelilingi oleh empat kapal yang berlayar ke Nusantara pada tahun 1595 yaitu kapal Hollandia, Mauritius, Amsterdam, dan Duyfken. 

Kesimpulan 

Berkunjung ke Museum Bank Mandiri dapat membuat wisatawan mulai dari memahami konsep perbankan umum hingga mendapat informasi yang jelas tentang sistem kerja perbankan. Di dalam museum kamu bebas melakukan pembelajaran dan dapat mengambil kesimpulan yang kamu rasa menarik untuk dipelajari. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk bersama-sama berkunjung ke Museum Bank Mandiri!

More on this topic

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

thirteen − twelve =

Advertisment

Popular stories