Memastikan Seabank adalah Bank Digital yang Tepat

Related Articles

Seabank adalah bank digital dari Sea Group. Sebelumnya bank ini bernama Bank Kesejeahteraan Ekonomi (BKE). Bukan rahasia umum kalau Seabank memiliki kaitan erat dengan Shopee, mulai dari warnanya, logonya, dan juga promosinya yang saling terhubung.

Seabank adalah Bank dengan Promo Bunga Sampai 7% per Tahun

Sebagai Bank Digital, tentu kita harus tahu, Seabank bukanlah satu-satunya. Itulah sebabnya, Seabank terus berupaya memberikan sebuah promosi yang menarik. Apalagi kalau bukan promosi pada bunga tabungannya yang bisa mencapai 7% per tahun!

Kamu bisa simak video di bawah ini untuk mengetahui detail dari promosi ini.

Dalam video ini, saya informasikan kalau promo bunga 7% ini hanya berlaku hingga September 2021. Namun nyatanya, kalau kita mengintip ke situs resmi dari Seabank, promo ini terus berlaku hingga Maret 2022.

Masih ada kemungkinan kalau promo bank ini akan terus menerus diperpanjang, sebagaimana promo gratis ongkir dari Shopee yang diperpanjang sudah sejak zaman batu.

Risiko Bunga Besar yang Harus Kamu Sadari

Saya bukan bermaksud menakut-nakuti kamu. Tentu saja, dalam memilih sebuah produk keuangan, kita juga harus memiliki pengetahuan yang cukup supaya bisa meminimalisir risiko.

Sebagai informasi saja, saat ini, Seabank memang menawarkan bunga tabungan regular tertinggi jika kita bandingkan dengan kompetitornya. Kurang lebih seperti ini:

  1. Bunga tabungan Seabank per tahun 7%; Bunga deposito 3%
  2. Bank Neo di peringkat kedua, 6% per tahun dengan bunga deposito 8%
  3. Senior di perbankan digital, Jenius: 0,5% per tahun dan deposito 4%, plus biaya admin Rp 10.000 per bulan
  4. Bank Jago, 0.5% per tahun dan bunga deposito 4%
  5. Digibank by DBS, bunga tabungan 1% dan bunga deposito 4,1%
  6. TMRW UOB, bunga tabungan 0,5% dan bunga deposito 4%

Selain jenius, semuanya memiliki biaya admin yang gratis. Kamu bisa lihat ketimpangan penawarannya. Bahkan untuk produk satu rumah, tabungan regular memiliki bunga yang jauh lebih besar dari pada depositonya.

Memang tidak ada larangan dalam mematok bunga simpanan di atas standard LPS yang sebesar 3,5%. Ini 100% wajar.

Walau demikian, kalau buruk-buruknya terjadi likuidasi pada Seabank, maka risiko uang yang belum tercairkan harus kamu tanggung sendiri.

Gunakan Fasilitas Seperlunya, Tak Perlu Terlalu Tergiur

Bunga yang jauh lebih tinggi dari deposito bank manapun, plus tawaran pemberian bungan setiap hari tentu sangat menggiurkan. Tapi jangan sampai membuat kamu kalap.

Katakanlah kamu punya uang ratusan juta sampai milyaran, kamu cukup menyimpannya di Seabank secukupnya. Katakanlah maksimal sesuai dengan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (tentu saja kamu harus membaca dokumen dana yang terjamin di Seabank berapa persen).

Kesimpulan

Walau demikian, Seabank merupakan salah satu bank digital yang sangat bermanfaat dan berguna, terutama kalau kamu adalah Seller Shopee. Tapi kamu juga harus mempertimbangkan untuk mengalokasikan pendapatan ataupun tabunganmu ke produk perbankan atau investasi lainnya.

Dengan demikian, kamu bisa meminimalisir risiko yang akan timbul di masa mendatang.

 

More on this topic

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!
Advertisment

Popular stories